dr. DELIS JH. MARS: KESEJAHTERAAN PERAWAT HARUS DIPERHATIKAN

dr. Delis Julkarson Hehi MARS, Wakil Ketua Komite III DPD RI dari Propinsi Sulawesi Tengah

“Pemerintah harus memperhatikan dan meningkatkan kesejahteraan perawat dan tenaga Kesehatan lainnya’.  Hal ini disampaikan oleh dr.  Delia Julkarson Hehi,  MARS,  Senator dari Daerah pemilihan Sulawesi Tengah ketika menghadiri Muswil PPNI propinsi Sulawesi Tengah, di Luwuk,  Kab.  Banggai,  Propinsi Sulawesi Tengah pada Sabtu,  26 Agustus 2017. 

“Ada tiga alasan utama kenapa kesejahteraan Perawat dan Tenaga Kesehatan lainnya harus ditingkatkan, lanjut dr. Delis Julkarson Hehi MARS, yaitu :
1. Pertimbangan Waktu kerja.  Perawat   seringkali harus bekerja melebihi jam kerja tetapi tidak mendapat lembur dan tidak mengenal hari libur.
2. Pertimbangan Beban Kerja. Dalam melaksanakan tugasnya,  perawat dan tenaga kesehatan lainnya mengalami tidak hanya kelelahan fisik tapi juga kelelahan psikis;  karena tekanan psikis mengatasi kasus pasien yang dihadapi,apalagi dalam hal  emergensi.
3. Pertimbangan resiko pekerjaan.  Perawat dan Nakes lainnya beresiko tinggi tertular penyakit dari pasien dan resiko hukum.
Disamping menyoroti persoalan kesejahteraan perawat dr.  Delis Julkarson Hehi, MARS,  yang baru saja terpilih sebagai Wakil Ketua Komite 3 DPD RI; yang membidangi Kesehatan; juga menyoroti persoalan lapangan kerja bagi perawat. Dari total lulusan perawat sekitar 20 an ribu setiap tahun yg terserap oleh pasar hanya sekitar 10%.  Sisanya banyak menjadi tenaga honor,  sukarela dengan penghasilan yang sangat memprihatinkan.
“Solusi untuk ini adalah mepersiapkan dan melatih Perawat kita utk bisa bekerja ke luar negeri”, tegas dr. Delis Julkarson Hehi. MARS.
Tentunya ini butuh keseriusan dari lembaga pendidikan perawat dan kementrian terkait agar bisa mempersiapkan perawat kita untuk bisa bersaing di pasar luar negeri.  Dan untuk itu menuntut ditingkatkannya mutu dan profesionalitas perawat Indonesia.  Dengan meningkatnya mutu dan profesionalitas perawat serta kesejahteraan perawat Indonesia,  maka kita berharap pelayanan kesehatan akan semakin baik di negara ini.
Kita berharap pemerintah bisa menyelesaikan problematika perawat Indonesia.
Acara Muswil PPNI Sulawesi Tengah di buka oleh Wakil Bupati Banggai, Bapak H. Mustar Labolo; dan dihadiri Oleh Ketua Umum pengurus Pusat PPNI Bapak  Harif Fadhillah S. Kp, SH, Sekertaris Jendral Dr. Mustikasari S. Kp. Mars. dan Bendahara Umum Adri Sunadi M. Kep, SP. KMB;  Ketua DPW propinsi Sulawesi Tengah, Fajrillah M. Kep; bersama pengurus DPW lainnya dan Ketua DPD PPNI dari semua kabupaten/Kota  di Sulawesi Tengah.