PERBANDINGAN UU CUKAI DI BEBERAPA NEGARA

Pembicara: Abdillah Ahsan, Meita Veruswati, Nur Hadi Wiyono dan moderator Astri Getriana

Lembaga Demografi FEB UI mengadakan Paparan hasil penelitian perbandingan UU Cukai di beberapa negara. Dengan pembicara: Abdillah Ahsan, Meita Veruswati, Nur Hadi Wiyono dan moderator Astri Getriana. Adapun topik pembicaraan menyangkut: Ekstensifikasi, Simplikasi dan pengendalian konsumsi.
Beberapa kesimpulan yang diperoleh dalam diskusi tersebut, adalah: UU cukai di Indonesia sudah berumur 10 tahun dan perlu diperbaharui. Pembaharuan dalam bentuk ekstensifikasi barang kena cukai untuk mengurangi ketergantungan pemerinrah pada penerimaan cukai rokok. Dengan cara ekstensifikasi UU cukai, pemerintah dapat mengurangi ketergantungan pada penerimaan cukai rokok, dan pada saat yang sama pemerintah dapat menurunkan konsumsi rokok dalam masyarakat dan meningkatkan kualitas kesehatan rakyat Indonesia, dengan cara; misalnya: menaikkan secara drastis tarif cukai rokok.
Selain itu, pemerintah dapat melakukan simplifikasi struktur tarif cukai dari banyak jenjang menjadi hanya satu jenjang. Cara ini dapat dicontoh dari pemerintah Philipina.
“Perlunya UU Cukai Indonesia diamandemen untuk memudahkan ekstensifikasi, penyederhanaan struktur cukai dan mengurangi konsumsi produk yang dikenakan cukai”.