SERAP ASPIRASI HINGGA MASALAH CAGAR ALAM DALAM KEGIATAN RESES H. MUHAMMAD IDRIS S

Senator H. Muhammad Idris S, bersama Kapolda Kaltim, Irjen. Pol. Safaruddin

Dalam melaksanakan tugas pengabdian sebagai anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Drs. H. Muhammad Idris S, yang juga anggota MPR RI dari daerah pemilihan Kalimantan Timur-Kalimantan Utara; mengisi agenda reses dengan beberapa kegiatan. Dari jadwal reses tanggal 21 Oktober 2017 hingga 12 November 2017, Senator H. Muhammad Idris S; melaksanakan kegiatan berupa: kunjungan kerja, serap aspirasi, silaturrahmi dan temu konstituen di wilayah pemilihan Kaltim-Kaltara.
Senator H. Muhammad Idris S, mengawali kegiatan reses kali ini dengan mengadakan silaturrahmi dengan Forum Komunikasi Majelis Ta’lim di Kota Balikpapan. Setelah itu, melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Paser.
Di wilayah ini, Senator H. Muhammad Idris S, bertatap muka dengan 11 perangkat desa dan 1 kelurahan yakni desa batu butok, binangon, long sayo, lusan. muara komam, muara kuaro. muara langon, muara payang, prayon, sekuan makmur, selerong, swan slutung dan uko. Pada kesempatan tersebut, Kepala desa Muara Lagon; Supriadi; menyampaikan aspirasi kebutuhan listrik untuk penerangan di wilayah kerjanya, sedangkan Kepala Desa Lusan; Ilham; menyampaikan aspirasi terkait Hutan Adat yang berada didesanya. “Sebisa mungkin Hutan Adat ini dapat dikelola oleh masyarakat desa”.
Setelah itu, kunjungan kerja Senator H. Muhammad Idris S; dilanjutkan dengan mengadakan silaturahim untuk mendengar saran dan masukan dari masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan di kantor Kecamatan Batu Sopang dengan dihadiri unsur perangkat desa yang ada di 9 desa, yakni: desa batu kajang, kasungai, busui, legai, songka. rantau buta, rantau layung, samurangau dan sungai terik. Di tempat ini, Camat Batu Sopang H. Firhansyah, S.Sos, MM menyampaikan aspirasi warga kepada Senator H. Muhammad Idris S; tentang pemekaran daerah (Kabupaten Paser Selatan) yang sangat mendesak dan diharapkan segera terwujud. Dan Kepala Desa Batu Kajang Muhammad Nur menyampaikan aspirasi terkait program pemerintah melalui sertifikasi tanah sebanyak 300 bidang di Desa Batu Kajang dan berharap agar ditingkatkan jumlahnya pada periode berikutnya. Sebagai bentuk transparasi kinerja, Kepala Desa Batu Kajang Muhammad Nur, menggambarkan program pembangunan di desanya pada baliho yang terpajang di depan kantor desa Batu Kajang.
Para perangkat desa tersebut, juga menyampaikan pentingnya pendampingan dan pengawasan terhadap penggunaan dana desa agar dapat dikelola secara professional sehingga Kepala Desa terhindar dari masalah hukum.
Pada hari berikutnya, Senator H. Muhammad Idris S, mengadakan silaturrahmi dengan unsur Muspida Kabupaten Paser. Pada acara tersebut. Wakil Bupati Kabupaten Paser, HM. Mardikansah, SH, M.Ap, menyampaikan terjadinya defisit anggaran yang memperngaruhi jalannya pembangunan. Selain itu dari 139 Desa, terdapat 35 Desa dengan 8.000 sertifikat tanah yang dimasukkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup sebagai kawasan cagar alam.
Di kawasan cagar alam ini, terdapat pulau Balabalagan yang menjadi sengketa wilayah antara Provinsi Kaltim dengan Provinsi Sulawesi Barat.
Wilayah lain yang mendapat kunjungan Senator H. Muhammad Idris S, adalah Desa Pondong, Kecamatan Kuaro. Desa ini merupakan daerah transmigrasi dan memiliki pelabuhan bongkar muat yang menjadi penopang ekonomi warga sehingga perlu untuk ditingkatkan sarana dan prasarananya.
Senator H. Muhammad Idris S, sebagai anggota Komite I DPD RI melakukan kunjungan yang bersifat pengawasan atas pelaksanaan UU no. 6 Tahun 2014 Tentang Desa dan Pengawasan atas pelaksanaan Reforma Agraria.
“Dari hasil kegiatan reses kali ini, aspirasi, masukan dan sumbang saran dari warga maupun pemda, akan ditindak lanjuti dengan mengkomunikasikan dengan instansi dan atau pihak terkait di Jakarta guna mendapatkan solusi bagi permasalahan yang muncul dan pemenuhan terhadap aspirasi warga”, kata Senator H. Muhammad Idris S.